February 13, 2016

Tutorial Software ArcGis 10.2

Kali ini saya akan berbagi tentang tutorial pengenalan software ArcGis.
ArcMap merupakan komponen utama dari ESRI ArcGIS suite (ArcGIS Desktop) adalah program pengolah geospasial, dan digunakan terutama untuk melihat, mengedit, membuat, dan menganalisis data geospasial.
Ruang lingkup tutorial ini akan membahas tentang Data Spasial, Informasi Lokasi (Spasial), Non Spasial. Sebagian besar data yang akan ditangani dalam SIG merupakan data spasial yaitu sebuah data yang berorientasi geografis, memiliki sistem koordinat tertentu sebagai dasar referensinya dan mempunyai dua bagian penting yang membuatnya berbeda dari data lain.

Proyeksi Peta adalah prosedur matematis yang memungkinkan hasil pengukuran yang dilakukan di permukaan bumi fisis bisa digambarkan diatas bidang datar (peta). Karena permukaan bumi fisis tidak teratur maka akan sulit untuk melakukan perhitungan-perhitungan langsung dari pengukuran. Untuk itu diperlukan pendekatan secara matematis (model) dari bumi fisis tersebut. Model matematis bumi yang digunakan adalah ellipsoid dengan besaran-besaran tertentu.
Intinya Tutorial ini berisi petunjuk penggunaan software ArcGIS yang bisa anda pelajari, baik sebagai pemula maupun tingkat lanjut. lebih khusus lagi bagi anda yang sering berhubungan dengan data dan penggambaran peta, tutorial ini sangat cocok.
Contoh Screenshot seperti dibawah ini :
Untuk lebih jelas dan lengkapnya anda bisa download tutorialnya disin.
DOWNLOAD DISINI

1 comment: