5 Juni 2013

Cara Konversi Data GIS Agar Terindeks oleh Google Map dan Google Earth

Hallo semuanya, kali ini saya akan berbagi tentang cara mengkonversi data gps agar bisa terindeks oleh google map dan google earth. dan untuk menambah pengetahuan kita terkait dengan konversi  titik koordinat dengan format degree ke Decimal (Latitude Longitude). ok langsung aja bro

LATITUDE DAN LONGITUDE
Pengukuran koordinat dapat menggunakan GPS seperti Garmin, dll. Biasanya, pada GPS terbaru koordinat yang di tampilkan sudah dalam format Derajat-Menit-Detik (Degree-Minutes-Second), menggunakan dalam WEB GIS Cipta Karya harus dirubah kedalam untuk (HHHH, DDD). Kaitannya dengan latitiude dan longitude adalah kedua garis lintang dan bujur inilah (latitude = garis lintang, longitude = garis bujur) yang menentukan diperolehnya suatu nilai derajat dari suatu titik yang diukur.

A. LATITUDE
Latitude adalah garis yang melintang diantara kutub utara dan kutub selatan. Latitude dibedakan menjadi 2 wilayah, yaitu utara atau yang biasa kita sebut lintang utara dan selatan atau yang biasa kita sebut lintang selatan, dimana nilai koordinat dibagian utara selalu positif dan nilai koordinat dibagian selatan adalah negatif. Berikut nilai-nilai yang dijadikan patokan ukuran garis lintang ini adalah :
1. Garis paling atas (kutub utara) = 90 derajat
2. Garis paling tengah (equator) = 0 derajat, dan
3. Garis paling bawah (kutub selatan) = -90 derajat

B. LONGITUDE
Sebaliknya, longitude adalah garis membujur/garis bujur ini digunakan untuk mengukur sisi barat-timur koordinat suatu titik dibelahan bumi. Sama seperti equator pada latitude yang berada ditengah dan memiliki nilai 0 (nol) darajat, pada longitude, garis tengah yang bernilai 0 (nol) derajat disebut garis Prime meridian. Sedangkan garis yang berada paling kiri memiliki nilai -180 derajat, dan yang paling kanan memiliki nilai 180 derajat.
Longitude juga dibedakan menjadi 2 wilayah, yaitu bujur timur dan bujur barat, dimana koordinat yang berada di timur selalu bernilai POSITIF, dan sebaliknya yang berada di barat selalu NEGATIF. Nilai satuan ujuran derajat menjadi kilometer pada longitude juga sama seperti pada latitude.
Demikian pemakaian GPS kita sering mendapatkan titik koordinat suatu posisi lokasi dalam bentuk Latitude Longitude atau Degree oleh karena itu harus tahu cara mengkonversi bilangan tersebut dari bentuk Degree (derajat, menit, detik) menjadi Latitude Longitude, atau sebaliknya.

BERIKUT CARA KONVERSINYA :

1. KONVERSI LATITUDE LONGITUDE MENJADI DEGREE :
Bila kita mendapat angka 109.036389 Longitude maka dapat mengubahnya menjadi 109 derajat lalu angka di belakang koma 
(contoh di atas = .036389) kita kalikan bilangan decimal 60, (0.036389 x 60 = 2.18334) kita tulis urutan kedua yaitu 2 menit, 
‘sisanya’ angka dibelakang koma (contoh di atas = .18334) kita kalikan lagi dengan bilangan decimal 60, (0.18334 x 60 = 11.004) 
kita tulis urutan ketiga yaitu 11 detik, maka secara lengkap ditulis 109 derajat 2 menit 11 detik 
atau dengan simbolik  1090 2’ 11” 
cat; : Hal ini berlaku juga pada Latitude.

2. KONVERSI DEGREE MENJADI LATITUDE LONGITUDE :
Begitu pula sebaliknya bila kita mendapatkan angka 7 derajat 13 menit 13 detik maka dapat mengubahnya menjadi Latitude format dengan formula sebagai berikut :
Derajat + (menit/60) + (detik/3600)
Contoh koordinat di atas dapat dihitung sbb :
  7 + (13/60) + (13/3600) = 7.220278 atau 
7 + (0.216667) + (0.003611) = 7.220278

Sekian dan terimakasih - semoga bermanfaat

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Konversi Data GIS Agar Terindeks oleh Google Map dan Google Earth,jangan lupa tinggalkan saran dan komentar anda untuk perbaikan blog ini - terima kasih dan salam sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Template by : aarsitek blogspot.com