August 17, 2012

Pentingnya membangun rumah sehat

Rumahku adalah istanaku. Ungkapan ini akan menjadi indah bilamana tempat tinggal yang kita miliki dapat memberikan kenyamanan baik dari sisi penghuninya atau dari sisi kenyamanan tempat tinggal. Rumah sehat sering menjadi dambaan, Rumah sehat tidak hanya indah dipandang akan tetapi terpenuhinya kebutuhan ruang yang memadai. Rumah sehat dapat diartikan sbb :  
  • Mempunyai tata ruang yang terorganisasi, yaitu mempunyai susunan tata ruang menurut area kebutuhan ruang untuk penghuni. Kebutuhan tersebut bisa dibedakan dengan adanya kebutuhan ruang untuk pribadi (private), ruang untuk keluarga (semi private) dan ruang untuk Umum (Publik
  • Ruang pribadi, bisa diartikan dalam bentuk ruang untuk istirahat pribadi yaitu kamar tidur  
  • Ruang keluarga, bisa di artikan ruang yang umumnya sering di gunakan untuk keluarga, bisa berupa ruang untuk santai / istirahat, ruang untuk makan, ruang untuk ibadah (mushollah), kamar mandi & WC, dapur, ruang cuci, dsb)
  •  Ruang untuk umum, yaitu ruang yang dibuat khusus untuk menerima orang dari luar keluarga atau biasa disebut sebagai ruang tamu
  • Sinar Matahari bisa masuk secara langsung ke tiap-tiap ruangan agar ruangan bisa memperoleh udara panas dan menghilangkan kelembaban  
  • Ruangan di dalam rumah tidak lembab karena kelembaban cenderung menimbulkan jamur secara cepat  
  • Bahan yang digunakan aman bagi penghuni/tidak mudah rusak dan keropos, tidak mengandung racun atau mudah berjamur. Bahan bangunan yang berbahaya atau mudah patah berisiko mencelakan atau bisa mencederai penghuni rumah, dan bahan yang mengandung racun serta mudah berjamur menimbulkan penyakit bagi penghuni, meskipun gejalanya timbul setelah bertahun-tahun kemudian (kanker, jamur kulit). 
  • Adanya pepohonan/tanaman di sekitar rumah (sebagai buffer) berfungsi sebagai sumber oksigen, penahan angin dan terik sinar matahari. 
 Untuk itu maka hal yang tidak kalah penting adalah melakukan pengawasan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, sampai tahap finishing.  
Baca juga tentang tata cara pengawasan pekerjaan rumah tinggal

Sekian dan semoga bermanfaat 

2 comments: